Sabtu, 29 Maret 2014

Panorama Situ Cibayat Mempesona


Situ Cibayat, keindahan yang tersembunyi di Karawang Selatan
Karawang Selatan memiliki banyak potensi pariwisata. Banyak lokasi memiliki keindahan alam yang hanya didapat di wilayah tersebut diantara seantero bumi Karawang. Salah satunya Situ Cibayat, terletak di Dusun Cibayat, Desa Kutamaneh, Kecamatan Tegalwaru.
Situ Cibayat berdekatan dengan perbatasan Kabupaten Karawang dengan Kabupaten Purwakarta. Keindahan panorama alamnya menghipnotis siapapun yang berkunjung ke lokasi tersebut. Selain itu, potensi pariwisata di Karawang Selatan sudah dikenal di Jawa Barat, khususnya di Gunung Sanggabuana. Gunung tersebut memiliki curug atau ari terjun bernama Curug Cigeuntis, Curug Bandung. Pesona alamnya sangat mempesona bagi pengunjung.
Penggiat lingkungan dari organisasi Oepaskorak, Ucho mengungkapkan, Situ Cibayat sudah ada sejak tahun 1983, dan di zaman Gubernur Jawa Barat, H A Kunaefi, situ tersebut dikelola untuk penyediaan air bersih dan sumber air pertanian sekitar.
“Situ Cibayat bukan saja menawarkan keindahan pesona alamnya, keberadaan situ tersebut juga memberikan dampak positif bagi pertanian di wilayahnya, bahkan kadang digunakan oleh tim SAR untuk sekedar latihan,” ujarnya kepada Kabar Gapura.
Ditambahkannya, normalisasi Situ Cibayat sudah dilakukan dengan penggalian dan penurapan di sisi situ tersebut. “Situ Cibayaat sudah dinormalisasi dengan dikeruk dan diturap,” tuturnya.
Sementara itu, banyak para pencari ikan membuat Situ Cibayat memiliki daya tarik lebih bagi para pengunjung. Namun demikian, belum terlihat upaya dari pemerintah untuk menjadikan Situ Cibayat menjadi lokasi pariwisata unggulan di Karawang Selatan. Setiap hari libur, banyak pengunjung asal luar kota seperti Kabupaten Purwakarta sengaja berkunjung untuk sekedar menikmati alamnya dengan mengambil foto- foto dan memancing. (yfs)

Dikutip dari : Koran Kabar Gapura Karawang 

0 komentar:

Posting Komentar