Rabu, 05 Februari 2014

PT. Tochu Silika Indonesia, Mangkir dari pemanggilan BPLHD Karawang


mediasi kasus pengurugan tanah memakai limbah B3 berlangsung di Gedung Aula BPLHD Karawang, tidak adanya perwakilan dari PT. Tochu membuat geram pihak BPLHD Karawang.

Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Karawang gelar mediasi untuk menindak lanjuti kasus dugaan pencemaran lingkungan menggunakan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Kampung Benggol, RT 04/01, Desa Tegal Sawah Kecamatan Karawang Timur, tadi pukul 14.00 WIB, di Gedung Aula BPLHD Karawang, Selasa (04/02).

BPLH Karawang melakukan mediasi bertujuan untuk mencari jalan keluar permasalahan pencemaran lingkungan di Kampung Benggol dimaksud. Dalam mediasi BPLH mengundang Forum Komunikasi Daerah Sungai Citarum (forkadasC+), Kepala Yayasan Ummul Qurro, Lurah Desa Tegal Sawah, dan Camat Karawang Timur, sementara pihak PT. Tochu Silika Indonesia selaku pemilik limbah B3 tidak hadir.
Limbah B3 itu berjenis pasir poundry, sisa olahan peleburan biji besi baja dan zat itu mengandung logam berat  yang dapat mencemari air tanah. Limbah berjenis pasir itu digunakan sebagai pengurugan tanah untuk pembangunan Pondok Pesantren Hidayatullah, yang dibangun oleh Yayasan Ummul Quro. 

Ketua Yayasan Ummul Qurro, Ahmad, menuturkan, dirinya tidak mengetahui sumbangan yang diberikan oleh Ustd. Nanang selaku pembina Yayasan Ummul Quro berupa pasir yang berasal dari PT. Tochu Silika Indonesia adalah limbah B3 yang berbahaya bagi manusia.
Saya menerima saja sumbangan dari Ustadz Nanang karena memang kami sangat membutuhkan pasir tersebut sebagai pengurug tanah pesantren, sebelumnya memang Ustadz Nanang memberitahukan pasir tersebut adalah limbah perusahaan dan menurutnya aman untuk dijadikan urug tanah”, ujar Ahmad

Dalam mediasi tersebut, Kepala Bidang Pengawasan Dampak Lingkungan BPLHD Karawang, Neneng mengungkapkan, sesuai dengan aturan Limbah B3 jenis pasir poundry itu tidak dapat digunakan pengurugan tanah. Diperlukan penanganan atau pengolahan khusus agar tidak berdampak pada lingkungan hidup. Hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang tentang lingkungan hidup.
Diungkap lebih lanjut, pihaknya telah melayangkan surat panggilan untuk kepentingan pemeriksanaan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di BPLHD Karawang.
“untuk menyelesaikan pencemaran lingkungan ini seharusnya ketiga pihak yang diundang  menjalani pemeriksanaan, diantaranya PT Tochu Silika Indonesia, Yayasan Ummul Quro dan Pemilik Pondok Pesantren Hidayatullah. Akan tetapi PT. Tochu Silika Indonesia tidak  memenuhi undangan tersebut, sehingga kami akan berikan tindakan pemaksaan panggilan secara tegas,” tutur Neneng, Senin (27/01). 

Surat tersebut, lanjut Neneng, berdasarkan hasil analisa dampak lingkungan BPLHD Karawang, dan terungkap aktifitas pengurugan tanah menggunakan limbah B3 jenis pasir poundry di Kampung Benggol, Desa Tegalsawah  RT 04/01 Kecamatan Karawang Timur, terbukti menyalahi analisa mengenai dampak lingkungan(Amdal).
Berdasarkan penuturan Neneng, diduga kuat limbah B3 jenis pasir poundry itu dibawa oleh PT Tochu, yang belakangan diketahui milik investor Jepang, berlokasi di Kawasan Industri Mitra Karawang. Perusahaan tersebut  bergerak dibidang pembuatan dan pengembangan pasir resin dan pasir poundry.
“Aktifitas pengurugan tanah menggunakan limbah B3 jenis pasir poundry itu telah menyalahi aturan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah  Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 1999 tentang pengelolaan bahan berbahaya dan limbah beracun. Sangsi yang dikenakan cukup berat berupa denda dan bahkan mencabut izin usaha perusahaan tersebut,” ungkapnya.

Lurah Desa Tegal Sawah Suhending juga mengungkapkan, pihaknya merasa kecolongan atas pencemaran lingkungan di wilayahnya.
“saya merasa kecolongan atas pengurugan tanah di pondok pesantren Hidayatullah ini, memang sebelumnya pihak dari Yayasan Ummul Quro sudah memberikan surat tentang amdalnya, karena memang saya tidak memahami isi amdal itu saya tidak terlalu menghiraukannya. Akan tetapi ternyata dari BPLHD menyatakan limbah B3 dan berbahaya bagi masyarakat, saya sudah menyuruh Yayasan Ummul Quro untuk menghentikan pengurugannya,” ujarnya.

Temuan forkadas C+
Sebelumnya, temuan tersebut didapatkan forkadasC+ (Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum), yang berbasis di Karawang. “Setelah kita coba cek ternyata memang pengurugan tersebut sudah menyalahi aturan karena memakai limbah B3. Limbah beracun yang digunakan untuk pengurugan itu jenis pasir poundry adalah pasir bekas digunakan olahan peleburan atau pengolahan besi baja, dan limbah itu mengandung logam berat. Perusahaan pemanfaat limbah itu harus memiliki ijin dari Kementrian Lingkungan Hidup dan ketidakhadiran dari PT. Tochu Silika Indonesia ini membuktikan bahwa ini benar- benar kejahatan lingkungan yang harus segara diselesaikan” Kata Ketua Harian forkadasC+ Hendro Wibowo
Dampak yang ditimbulkan dari pasir poundry tersebut timbulnya berbagai penyakit seperti iritasi pada mata, menganggu syaraf, bisa menurunkan berat badan, bila terhirup bisa mengakibatkan gangguan pernapasan dan bisa mengakibatkan kelainan genetik.
Kami merasa kecewa dengan tidak hadirnya perwakilan dari PT. Tochu Silika Indonesia. Pasalnya, pengurugan tanah di pondok pesantren ini sangat berdampak langsung terhadap pelajar- pelajarnya, kami temukan dilokasi para pelajar kontak langsung dengan pasir poundry, ditakutkan kalau kasus ini tidak diselesaikan dengan cepat akan menggangu kesehatan para pelajar tersebut.
“PT. Tochu atas tidak mengindahkannya pemanggilan dari BPLHD Karawang, kami akan melakukan langkah- langkah selanjutnya dengan penjadwal ulangan pemanggilan kepada pihak PT. Tochu Silika Indonesia”, ungkapnya.(yfs)

Dikutip dari: Koran Kabar Gapura Karawang

4 komentar:

  1. Kepada Yth : Pimpinan Perusahaan dan Team Management
    Attn : Import Dept / Purchasing, Distributor dan Supplier
    Perihal : Penawaran Kerjasama Pengurusan Barang Import dan Pengiriman Domestik

    Kepada Yth
    Bapak / Ibu
    Ditempat

    Dengan hormat,
    Mohon maaf sebelumnya jika email kami ini mengganggu aktifitas Bapak/Ibu.
    Perkenalkan kami dari PT. SUDA MANDIRI INDONESIA, merupakan perusahaan Intrnational Freight Forwarder yang melayani pengiriman barang Import & Domestics.
    PT. SUDA MANDIRI INDONESIA , Kami dapat mehandle jenis-jenis barang berupa, Mesin, pompa air, besi/baja, pipa, spare part, genset, Garment, elektronik dan barang lainnya.


    SISTEM IMPORT :
    Ex Works
    FOB
    C&F
    CIF Jakarta

    SERVICE IMPORT :
    Import udara & laut
    Pengurusan import door to door ( Resmi )
    Customs clearance ( pengurusan import di kepabeanan )
    Handling import borongan ( All - in )
    Under name (Consignee ) / qq
    Handling import resmi
    Transportation
    Nomor pokok pengurusan jasa kepabeanan ( Nppjk )
    Domestics antar pulau
    Pengurusan legalitas import


    LICENCY IMPORT :
    NPIK Electronik
    NPIK TPT
    NPIK Mainan
    NPIK Sepatu
    IT freezers [Pendingin]
    IT Alas Kaki
    IT Electronic
    IT Mainan
    IT Pakain jadi
    SNI Lebel
    SPI Besi Baja
    KUOTA MESIN BEKAS

    WILAYAH KERJA UNDER NAME & BORONGAN ( All In ) :
    Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta
    Pelabuhan Tanjung Panjang Lampung
    Pelabuhan Boom Baru Palembang
    Pelabuhan Belawan Medan
    Pelabuhan Tanjung Mas Semarang
    Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya


    Demikianlah penawaran ini kami ajukan,besar harapan kami bisa kerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu dan atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

    Best Regards,


    FAZLI IRAWAN
    Marketing Import


    PT. SUDA MANDIRI INDONESIA

    Head Office :

    Graha Emre Lt. IV Ruang 202A

    Jl. Raya Pondok Gede No.37, Pinang Ranti Jakarta Timur 13560 Indonesia

    Telp : (+62 21) – 800 1161 / (+62 21) – 2280 6169

    Mobile : 0812 8894 6665 / 0857 1717 8090

    WA : 0812 8894 6665

    E-mail : fazliirawan94@gmail.com / fazli.import94@gmail.com

    Website : jasaimportundername.page.tl / ptsudamandiriindonesia.page.tl /
    freightforwarderjakarta.blogspot.com



    V I S I :
    Being a proactive company that always look forward to developing new ways (innovation) endlessly to streamline supply chain management (supply chain) of our customers, so we minimize costs.

    M I S I :
    We are dedicated to providing innovative supply chain management and convincing with professionalism and integrity in all our operations, and is committed to providing the best service to our clients.

    BalasHapus
  2. Kepada Yth,
    Bpk/Ibu Pimpinan Bag Import
    Div : Import-Export, Purchasing & Domestict

    Dengan Hormat,

    Perkenalkan kami dari PT JTRAN PERSADA Merupakan perusahaan International Freight Forwarders, Customs Clearance, Customs Consultant And Land Transportation Service. Dengan kopetensi tinggi dalam semua aspek jasa pengangkutan, di dukung oleh jaringan yang luas yaitu pelayaran dan Customs.
    PT JTRAN PERSADA, Memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menanggani setiap aspek kebutuhan yang berhubungan dengan proses kepabeanan baik IMPORT maupun EXPORT.


    * Project kerjasama Unggulan Kami SBB :

    Jasa Customs Clearance Import Via Udara ( Soekarno-hatta dan Halim Perdana Kusuma )
    Jasa Customs Clearance Import Via Laut ( LCL / FCL 20feet / 40feet dll )
    Jasa Undername Export-Import
    Jasa Import Door To Door Service Dari Seluru Negara Asal Ke Indonesia
    Undername / perizinan import ( Perusahaan / Sewa )
    Bea Import Borongan ( ALL-IN ) Via Laut dan Udara
    All-In Customs Clearance Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & Other Chargest
    Domestik Via Laut, Darat dan Udara ke Seluruh Indonesia
    Cara konsultasi gratis untuk mengimport
    Agensi : Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia


    * Perusahaan Kami Salah Satu Perusahaan yg Melayani & Memiliki Beberapa Izin Import dan Kuota Import Seperti :

    API dengan XX bagian HS
    Kuota ( PI Besi Atau Baja, Baja Panduan, Dan Produk Turunannya )
    Kuota ( PI Produk Kehutanan )
    Kuota ( Mesin Bekas / Barang Bekas )
    LS ( Laporan Surveyor )
    LS Alas kaki
    LS Electronic
    LS Mainan
    LS Pakaian jadi
    LS Garment
    LS Textile

    * Operasional Perusahaan kami Meliputi :

    Port Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )
    Port Tanjung Perak ( Surabaya )
    Port Tanjung Mas ( Semarang )
    Port Belawan ( Medan )


    Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak/ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.
    --
    Thanks & Best Regards,
    fakrul Jtp ( Mr )
    Import Dept

    PT. JINGGA TRAN PERSADA
    General Trade & Distributor Supplier
    Cibubur Times Square, Ruko Medison
    Jl. Raya Transyogi Km.3 B3 Jati Karya, Jati Sempurna Kota Bekasi, Jawa Barat
    Telp : 021-28674430/082161135717
    Fax : 021-28674430
    Whatshap :082161135717
    E-mail : fakrul.jtp@gmail.com
    :fakrul.import@gmail.com

    BalasHapus
  3. PT. SENTRAL JAYA SINDICO
    Specialist Import Export Customs Clearance & Undername


    Salam kenal Bapak/ Ibu yang kami hormati, ijinkan kami Promo dari PT. SENTRAL JAYA SINDICO



    Kepada Yth : Seluruh Relasi Purchasing Import-Export And Domestic

    Di,Tempat.

    Perihal: SPECIALIST PROSES BARANG IMPORT, Furniture,Besi Baja,Elektronik, Mesin Baru, Genset,Lampu Led,Kabel,Alumunium,Alat Ukur,Pompa Air,Spare Part, Alat Survey,Garment, Textile, Biji Plastik, Accessories, Alkes, dan semua, komoditi barang bekas dan baru.

    Perkenakan kami dari PT. SENTRAL JAYA SINDICO , sebagai Perusahaan Jasa Kepabeanan yang menangani Customs Clearance Import via Pelabuhan Tanjung Priok maupun Bandara Soekarno Hatta II.



    KEMUDAHAN DALAM PENGURUSAN EXPORT DAN IMPORT:
    Perusahaan Kami memiliki izin dan alat transaksi data dengan Bea Dan Cukai,NPPJK ( Nomor Pokok Pengurusan Jasa Kepabeanan dan EDI ( Elektronics data Interchange/
    pembuatan document PIB( Pemberitauan Import Barang ).



    SERVICE PROFIDE:

    UNDERNAME / PI KEHUTANAN
    LAND TRANSPORTATION
    EXPORT AND IMPORT
    DOOR TO DOOR
    CUSTOMS CLEARANCE
    TRANSFER EDI PPJK
    HANDLING IMPORT
    UNTUK OPERASIONAL CUSTOMS CLEARANCE KAMI DI BEA DAN CUKAI MELIPUTI :

    BANDARA SOEKARNO HATTA CENGKARENG (JAKARTA)
    PELABUHAN TANJUNG PRIOK ( JAKARTA )
    PELABUHAN BELAWAN ( MEDAN )
    PELABUHAN TANJUNG PERAK (SURABAYA )
    PELABUHAN TANJUNG EMAS (SEMARANG )
    Demikianlah Permohonan dari kami, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih


    Thanks & Best Regards,

    OZI FARLIANDA
    Whatsapp : 0822-9066-9719

    PT. SENTRAL JAYA SINDICO

    RUKO Lavender Residence A No. 1 Bekasi

    Jln : Raya Kranggan Jati Sampurna Bekasi Jawa Barat 17433

    Phone ☏ : +6221-844 0597 📱0822-9066-9719 Fax 📠 : +6221-844 0597
    Email : ozi.exim4@gmail.com

    BalasHapus
  4. KPD YTH : PIMPINANAN PERUSAHAAN DAN TEAM MANAGEMENT

    BAG : IMPORT/PURCHASING DISTRIBUTOR & SUPPLIER

    HAL : PERUSAHAAN PENGURUSAN JASA KEPABEANAN-
    =========================================================


    DENGAN HORMAT



    Bersamaan dengan ini,perkenalkan perusahaan kami PT.KHARISMA MULTI SARANA, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang IMPORT dan EXSPOR siap menjalin kemitraan dengan perusahaan yang berhubungan dengan proses kepabeanan.



    Untuk barang yang sudah terlanjur masuk di Pelabuhan Tanjung Priok, Bandara Soetta yang tidak punya Data Lengkap kami bisa bantu pengurusan nya,



    Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala proses pekerjaan perusahaan kami telah memiliki beberapa izin yang di perlukakan antara lain:

    - SIUP, TDP & Akte Notaris

    - APIU

    - PPJK

    - NPIK

    - IT/LS

    - NPWP

    - BPOM

    - KARANTINA

    - Surat Registrasi Pabean.

    - MASTER LIST,DLL.



    Angka Pengenal Importir ( API ) sesuai HS.CODE jenis barang import.

    Service International :

    - SEWA UNDERNAME
    - FOB / CNF-CIF
    - EMKL / EMKU
    - CUSTOMS CLEARANCE

    - LCL/FCL
    - EX WORK
    - PURCHASE OF FOREIGN GOODS
    - ETC

    - IMPORT QQ.



    Rutin schedule Import consolidator Door to Door kami sebagai berikut :

    By Air Freight / Sea freight Door to Door to Indonesia
    - Singapore to Indonesia
    - Hongkong to Indonesia
    - China to Indonesia
    - Taiwan to Indonesia
    - Korea to Indonesia
    - Bangkok to Indonesia
    - Eropa to Indonesia
    - Dan Negara Lainnya


    Kuota Impor Barang Bekas

    - CRANE MOBILE

    - CRANE EXSAVAKATOR

    - PILLING DRIVER

    - DTD/PTP/PTD.

    - ALL IN.

    Jika ada yang mau ditanyakan jangan segan-segan untuk menghubungi kami.
    Adapun penawaran harga biaya pengurusan Handling exspor dan impor,tarif penawaran jasa under name dan tarif jasa angkutan transportasi darat,laut,udara,silahkan untuk menghubungi kami

    NOTE : SAAT INI KAMI MEMILIKI QUOTE SPI UNTUK BE2RAPA BULAN KE DEPAN,

    Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

    Best Regards
    ADAM.B





    PT. KHARISMA MULTI SARANA
    Jl. Raya Mabes Hamkam No. 4B Taman Mini
    Jakarta Timur 13820
    Phone : 021-8431 2017
    Mobile/Wa : +6281294122778
    Email : adam.import2asia@gmail.com

    BalasHapus