Jumat, 24 Januari 2014

ForkadasC+ Temui Wagub Jabar


Diskusi bertempat di Rumah Dinas Wagub di Bandung, forkadasC+ bersama FPRB tengah mendiskusikan langkah- langkah penanggulan bencana banjir di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Jawabarat.

ForkadasC+ Lapor ke Wagub Jabar
Penanggulangan Bencana Tidak Maksimal
Organisasi ForkadasC+ (Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum) menemui Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar di rumah dinasnya, Bandung, Kamis (23/01). Pertemuan tersebut membahas kondisi terkini bencana banjir di Kabupaten Karawang. ForkadasC+ menuding Pemkab Karawang tidak melakuan penangulangan bencana banjir secara maksimal, sehingga kondisi tersebut dilaporkan kepada Wagub Jabar.
Ketua Harian forkadasC+, Hendro Wibowo mengungkapkan, pertemuan tersebut dilandasi rasa prihatin terkait dengan penanggulangan bencana di Kabupaten Karawang. Pasalnya, kata Hendro, banyak korban bencana di beberapa kecamatan yang dilanda bencana banjir belum mendapatkan perhatian penanggulangan kebencanaan.
“Berdasarkan pantauan kami, diantaranya Kecamatan Pakisjaya, Batujaya dan Tirtajaya masih belum mendapatkan bantuan secara maksimal dari pemerintah. Hal itu diakibatkan jarak tempuh antara kota hingga daerah tersebut sekitar 50 kilometer,” kata Hendro.
Sementara itu, lanjjt Hendro, di wilayah perkotaan Karawang, logistik  bantuan begitu banyak menumpuk. Diantaranya di posko pengungsian Desa Purwadana Kecamatan Telukjambe Timur.
“Kami sejak 5 hari yang lalu sekitar tanggal 18 hingga 19 Januari membantu evakuasi di Dusun Tenjojaya dan Desa Telukbuyung di Kecamatan Pakisjaya. Kondisi yang kami lihat, tim penanggulangan hanya ditempatkan 2 orang dan sebuah perahu yang harus mengevakuasi sekitar lebih dari 2.000 jiwa di Desa Tenjojaya dan Muktijaya. Oleh karenanya, kami melalui teman-teman relawan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Provinsi Jawa Barat meminta berdiskusi dengan wakil gubernur,” kata Hendro.
Hendro mengungkapkan, Wakil Gubernur Jawa Barat menyambut baik diskusi tersebut. Pihaknya melaporkan apa yang terjadi dengan penanggulangan bencana di Kabupaten Karawang. “Mulai pelaporan tentang kondisi pengungsian dan ketersediaan logistik. Kemudian sekitar 30 menit kami berdiskusi dengan wakil gubernur, kemudian beliau menyatakan janji akan memberikan bantuan secepatnya ke Kecamatan Pakisjaya.  Dalam kesempatan itu pula teman- teman relawan dari FPRB akan membantu kami dalam kesiapan penanggulangan bencana,” pungkasnya. (yfs)

Dikutip dari : Koran Kabar Gapura Karawang

0 komentar:

Posting Komentar