Minggu, 05 Januari 2014

Workshop Penyusunan Buku Best Practice Konservasi Sungai di Bali

Filled under:



Workshop Penyusunan Buku Praktis Konservasi Sungai di Bali


Kepedulian para pecinta sungai dan aktivis lingkungan mengilhami workshop penyusunan best practice tentang konservasi sungai di Sanur Denpasar Bali. Workshop ini diprakarsai oleh Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Bali bekerjasama dengan Global Environmental Facility- Small Grants Programme (GEF-SGP) Indonesia. Workshop yang berlangsung 3 hari, tanggal 18 hingga 20 nopember 2013 dihadiri oleh Lembaga pemerhati Lingkungan Hidup terutama konservasi sungai mewakili jawa bali seperti sungai citarum, ciliwung, cisadane, sungai Surabaya, kali brantas, kali winongo dan sungai badung yang mewakili kondisi umum sungai di jawa bali.

Lembaga tersebut antara lain,  Ecoton Jawa Timur , IDS ( Indosia Dragonfly Society) Jawa Timur ,PPLH Bali, DCG Berlians Bali , Sloka Institute Bali, Yayasan Ciliwung Merdeka jakarta ,Forum Komunikasi DAS Citarum Karawang, Yayasan Detara , Transformasi Hijau Jakarta, Bina Usaha Lingkungan Yogjakarta , Lembaga Masyarakat Indonesia Hijau (LMIH) Yogjakarta , dan GEF SGP Indonesia Jakarta.

Kabupaten Karawang melalui forkadasC+ (Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum) mewakili sungai citarum di penyusunan buku tersebut. Dan menilai bahwa kegiatan ini positif dalam menyusun panduan penyusunan buku praktis konservasi sungai bagi seluruh stake holder yang terlibat dalam pemanfaatan aliran sungai.

Ketua harian forkadasC+ Hendro wibowo juga mengungkapkan, banyak manfaat yang didapat dari workshop yang berlansung 3 hari tersebut karena dapat menggali informasi dari para aktivis lingkungan dari berbagai daerah dengan latar belakang organisasi yang beragam.

Saat ditemui oleh forkadasC+ Sekertariat dinas BPLH Kabupaten Karawang Wawan Setiawan mengungkapkan, kami selaku pemerintah karawang sangat berbangga hati karena melalui forkadasC+ karawang bisa ikut terlibat dalam penyusunan buku konservasi sungai dan bisa mewakili sungai citarum di dunia internasional. Dan Kami sangat mendukung dan berterimakasih kepada forkadasC+ yang selalu aktif melakukan kegiatan- kegiatan di sungai citarum karena dengan keterwakilan teman- teman disana menunjukan bahwa sungai citarum yang ada di Kabupaten Karawang menjadi sorotan dunia internasional.

Ditulis Oleh : Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum

0 komentar:

Posting Komentar