Rabu, 01 Januari 2014

Bappenas Ajak LSM dan Aktivis Lingkungan Benahi Citarum

Filled under:


Bappenas Ajak LSM dan Aktivis Lingkungan Benahi Citarum

Diskusi Bappenas mengenai penyelamatan Sungai Citarum di hotel Grand Serrela, Bandung
Badan Perencanaan dan Pengembangan Nasional (BAPPENAS) menggelar diskusi terbuka bersama beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat dan Komunitas pemerhati Sungai Citarum. Kegiatan tersebut bertujuan untuk merencanakan program perbaikan Sungai Citarum. 
Beberapa LSM dan Komunitas antara lain DPLKTS (Dewan Pemerhati Lingkungan, Kehutanan Tatar Sunda), WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) Jawabarat, LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) EQUATOR, Forum Cikapundung, ELINGAN (Elemen Lingkungan), LSM Lodaya, ForkadasC+ (Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum), Kabuyutan Sunda Kiwari, Forum Masyarakat desa hutan, Komunitas Bintang Karawang, akademisi ITB, Pemapag sanggabuana, Eco Pontren Nurul Bahri dan Komunitas PKK Walungan mengikuti acara tersebut, Sabtu (30/12), di Hotel Grand Serela, Bandung.
Dalam diskusi tersebut Bappenas menyoroti partisipasi masyarakat dalam upaya perbaikan Sungai Citarum, dari mulai program yang telah berjalan dan program yang akan dikembangkan. Sementara peserta diskusi yaitu LSM dan Komunitas pemerhati Sungai Citarum mengkritisi kinerja Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program (ICWRMIP) yang berfungsi sebagai salah satu program dari Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) yang bertujuan mengelola dan menangani permasalahan di Sungai Citarum, terutama tentang Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu di Wilayah Sungai Citarum.
Pasalnya proyek tersebut belum berpengaruh besar terhadap perbaikan sungai Citarum dan tidak adanya keterbukaan tentang pemakaian dana yang telah digunakan sehingga berpotensi terjadi penyelewengan dana. 

Staff Ahli Bappenas, Tirta mengungkapkan, pihaknya berkonsentrasi dalam pengembangan LSM dan komunitas pemerhati Sungai Citarum untuk terlibat dalam perancangan program penyelamatan sungai Citarum.
“Tim kami sedang menghimpun semua data-data yang dimiliki LSM dan komunitas untuk nanti kami bisa diaplikasikan bersama dalam mewujudkan Sungai Citarum bersih tanpa limbah,” katanya

Dikutip dari koran Kabar Gapura Karawang 30/12/2013

0 komentar:

Posting Komentar