Minggu, 05 Januari 2014

Endang Raup Jutaan Rupiah dari Bisnis Penyebrangan Sungai

Filled under:


BISNIS penyebrangan lintas sungai Citarum menjadi usaha yang potensial bagi sebagian warga. Keuntungan jutaan rupiah per bulan bisa di raup.


Banyak masyarakat memanfaatkan Sungai Citarum sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Salah satunya bisnis penyebrangan perahu di Dusun Rumambe 1, Desa Anggadita, Kecamatan Klari. Adalah bapak H. Endang Junaedi yang menggeluti bisnis tersebut. Siapa sangka omsetnya mencapai angka jutaaan rupiah dalam satu harinya. 

Diakui Endang, bisnis tersebut dijalankan sejak 4 tahun silam, dan dari hasil bisnis tersebut selain untuk menafkahkan keluarganya banyak pengangguran dilingkungannya mendapatkan pekerjaan

H. Endang Junaedi mengungkapkan, bisnis penyebrangan awalnya sangat tradisional dan sederhana, memakai 2 perahu yang bisa memuat sampai dengan 40 motor dengan cara ditarik memakai tali yang di bentangkan. Tarifnya Rp. 2000  untuk satu unit motor.
“Kemudian mulai tahun 2013 kami mencoba ide baru untuk menjadikan jembatan dari beberapa perahu yang disatukan dengan tali dan atasnya dialasi dengan lempengan besi yang memanjang membentuk jalan,” kata dia.

Endang juga mengungkapkan, awal mula menjalankan bisnis tersebut karena mendengar keluhan-keluhan beberapa tetangga yang kerja di kawasan Surya Cipta dan KIM harus merasakan macet. Oleh karenanya dibuatlah penyebrangan untuk mengurai kemacetan.
Lama–kelamaan bisnis penyebrangan berkembang, dan sampai saat ini memiliki 17 karyawan yang mayoritas orang asli Dusun Rumambe 1. Endang bisa menggaji dengan upah minimum regional (UMR), serta bisa memberikan peluang- peluang bisnis baru warga setempat seperti warung- warung kelontongan dan kontrakan. 

Ditulis Oleh : Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum

0 komentar:

Posting Komentar