Minggu, 20 April 2014

BPLH Siapkan Alat Telemetri Air di Citarum

Filled under:




Pengambilan sampel di zona rawan pencemaran, 500 meter dari walahar

Maraknya pencemaran di Sungai Citarum, Badan Pengelolah Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Karawang, bakal memasang alat Telemetri dibeberapa titik Sungai.

Alat tersebut berfungsi, sebagai alat pengawasan terhadap adanya pencemaran yang terjadi di Sungai Citarum. Telemetri air ini, akan menjadi salah satu alat yang dapat membatu tugas BPLH.
Kepala Wasdal BPLH Karawang, Neneng Junengsih kepada Kabar Gapura, jika nanti akan ada 4 titik loksdi untuk dipasang empat alat Telemetri di Sungai Citarum. Rencananya, pencarian titik tersebut akan dilakukan 22 april 2014 mendatang.
Telemetri ini, akan sangat membantu tugas dari BPLH, dalam melakukan dan pengawasan terhadap kondisi dari Sungai Citarum. Sehingga pengawasan BPLH, terhadap perusahaan-perusahaan yang berada dekat bantaran Citarum, dapat terbantu lebih mudah oleh alat Telemetri Air.
Jika pemasangannya sendiri, BPLH masih belum dapat mengetahui, menurutnya karena alat dari Telemetri sendiri, dilelang melalui Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang. Sehingga BPLH masih belum mengetahui perkembangan selanjutnya.
“BPLH hanya akan menerima dan menentukan alatnya saja, untuk pembelian alatnya dan pembuatan posnya, itu berada di Dinas Cipta Karya,” ucapnya.
Sesuai dengan pernyataan Sekretaris BPLH, Wawan Setiawan, jika BPLH pun akan melakukan perencanaan pembeliaan tentang Telemetri Udara.
“BPLH pun akan melakukan pembelian telemetri udara, yang rencanannya akan di pasang di bunderan Bypass, selain untuk mengetahui kondisi udara di Kabupaten Karawang, tetapi juga untuk memancing untuk setiap kawasan industry mempunyai telemetri udara,” ucapnya.
Dirinya sangat berharap, fungsi dari Telemetri-telemetri ini, akan menjadi pengawasan bersama terhadap lingkungan di Kabupaten Karawang. Dimana pengawasan bersama ini, dilakukan oleh masyarakat, pemerintah dan para pengusaha. (cwk)

Dikutip dari : Koran Kabar Gapura Karawang

0 komentar:

Posting Komentar